Hallo guys ketemu lagi sama BehindTwoWheels. Maaf ya sebelumnya kalo udah lama ga update karena habis UTS, jadi gabisa ngeblog dulu hehehe. Nah sesuai judul di sini, saya ingin membagikan pengalaman saya kemarin ketika latihan di sirkuit, akhirnyaaaaaaa masuk sirkuit juga setelah penantian lama #lebay hahaha. Tapi latihannya bukan di sirkuit Sentul seperti kebanyakan orang, BehindTwoWheels bersama para teman-teman melakukan latihan bersama di Sirkuit Gery Mang, Subang. Butuh perjuangan yang sangat besar seperti mendaki gunung lewati lembah ... Ga deh boong ga sampe kayak gitu hahaha. Hanya saja memang kemarin saat perjalanan ke sirkuit, mobil truk yang mengangkut motor BehindTWoWheels mengalami masalah pada sektor mesin, sehingga perjalanan sedikit terganggu dan terlambat dari waktu yang sudah ditetapkan. Tapi nasib baik masih bersama kami, saya bersama temen-teman masih tetap dapat sampai ke sirkuit dengan bantuan dari Jasamarga, terima kasih Jasamarga :D hehehe.
Pengangkutan motor ke truck
(abaikan teman BehindTwoWheels yang lagi foto")
Kesan Pertama masuk ke sirkuit
Yang pasti seneng pake banget, namanya juga baru pertama kalinya hehehe. Dan yang pasti berbeda dengan bermain di jalanan umum. Di sirkuit semuanya lebih aman dan lebih terkendali, kalaupun amit-amit kita mengalami crash tidak akan separah di jalanan umum. Selain aman, sirkuit Gery Mang pun memberikan banyak pengalaman baru bagi saya pribadi, karena pertama kalinya saya memasuki sirkuit adalah di sini.
Bagaimana dengan tracknya ?
Setelah selesai berlatih di sirkuit Gery Mang, bisa dikatakan sirkuit ini lebih menguras konsentrasi dan tenaga. Tracknya tidak sama seperti sirkuit Sentul yang rata. Sirkuit Gery Mang tracknya naik dan turun alias tidak rata, sehingga kita harus lebih berfokus agar tidak ndlosor ke gravel hehehe. Dan jujur saja, track di sirkuit Gery Mang sebenarnya lebih cocok untuk motor yang memiliki torsi besar di putaran bawah, karena track lurus di sirkuit ini paling panjang hanya sekitar 300 meter (dari tikungan terakhir menuju tikungan pertama) dan sisanya tikungan semua. Jujur saja, motor milik BehindTwoWheels dengan kondisi mesin full standart kurang mumpuni di track Gery Mang karena torsi bawahnya yang kurang bagus. Tapi ya untungnya ini hanya latihan bebas, coba saja kalau kejuaran pasti udah dibabat abis sama yang lain hehehe. Buat yang penasaran gimana track di sirkuit Gery Mang, berikut akan saya tampilkan foto-foto yang berhasil diambil oleh teman saya :
Gaya doang nunduk, padahal speed hanya
sekitar 60km/h :p
Foto yang ini ngeblur karena di screenshot dari
action cam
Jika diperhatikan pada tikungan ini, saat masuk tikunan
tracknya turun, dan saat keluar tikungan tracknya naik
Berapa Total Biaya yang Dikeluarkan ?
Bisa dibilang dengan sangat bersahabat di kantong, karena biaya masuk hanya Rp.50.000 dan pit tidak perlu bayar alias gratis. Untuk masalah pergi pulang motor menggunakan jasa truck, di perkirakan habis Rp.170.000 per orangnya. Jadi total biaya yang dikeluarkan sekitar Rp.220.000 per orang belum termasuk untuk uang makan dll (tenang ada warteg di sana).
Kesimpulan
Untuk latihan dasar, sirkuit ini bisa jadi pilihan yang tepat karena mengajarkan kita untuk sangat berfokus di tikungan yang naik dan turun alias tidak rata. Fisik pun harus dipersiapkan sebaik mungkin, karena berlatih di sirkuit sangat membutuhkan tenaga ekstra dan yang pasti jangan lupa berdoa guys :D.
Oke segini dulu aja dari BehindTwoWheels, semoga artikel kali ini dapat membantu untuk kalian yang ingin menjajal sirkuit. Mohon maaf bila ada salah kata.
kira" kalo biaya untuk menyewa wearpack kena brp ya?
BalasHapus